Sabtu, 08 November 2014

Mewarnai Rambut Sendiri dan Dampaknya pada Kesehatan



Mewarnai Rambut Sendiri dan Dampaknya pada Kesehatan 
Oleh sebagian wanita, punya rambut indah itu wajib hukumnya. Mulai dari rajin keramas, styling, sampai mengubah warna asli, kita lakukan supaya rambut kita terlihat cantik. Highlight, tonning, bleaching, rambut  pun siap berubah warna.

Kecantikan Nadine Kaiser membuat semua lelaki mabuk kepayang, dan membuat iri para wanita di Indonesia, salah satu disebabkan karena kepiawaian mewarnai dan menata rambutnya secara tepat dan proporsional, sehingga tampil cantik menawan.

Sayangnya, beberapa hasil penelitian mengatakan, usaha tadi ternyata berdampak kurang baik bagi kesehatan.


Kim Erickson, penulis buku Drop-Dead Gorgeous yang mengulas tentang produk-produk organik, mengatakan, bahan kimia pada produk perawatan rambut juga berbahaya untuk kesehatan. Yaitu, mengganggu sistem saraf dan menimbulkan iritasi pada mata dan kulit.

Untuk itu ketahui apa saja dampak negatif bagi kesehatan yang bisa ditimbulkan dari proses mewarnai rambut, yaitu:

Iritasi kulit dan alergi
Beberapa orang yang rentan mengalami alergi sebaiknya melakukan tes terlebih dahulu sebelum menggunakan pewarna rambut apapun. Jika dalam waktu 48 jam tidak menimbulkan reaksi apapun, maka pewarna tersebut aman.

Tapi bagi orang yang rentan, ia akan mengalami alergi kulit saat menggunakan pewarna rambut. Gejala yang muncul adalah kemerahan, gatal mendadak, sensasi terbakar di kulit dan rasa tidaknyaman. Jika timbul keluhan tersebut sebaiknya hentikan proses pewarnaan segera.

Kerusakan rambut
Rambut yang sering menerima berbagai prose kimia termasuk pewarnaan bisa memicu terjadinya kerusakan. Kondisi ini biasanya ditandai dengan rambut kusam, rapuh, kasar dan rusak. Ujung rambut yang bercabang juga menunjukkan bahwa rambut tidak sehat.

Perubahan warna kulit
Bahan kimia dalam rambut akan mempengaruhi protein dalam rambut, kulit dan kuku. Karenanya sangat penting menggunakan sarung tangan untuk perlindungan dan menggunakan krim di sekitar garis rambut.

Masalah kesehatan serius
Penelitian terbaru menunjukkan keracunan timah bisa terjadi ketika seseorang melakukan pewarnaan rambut, meski masih ada yang memperdebatkan masalah ini. Hal ini karena bahan utama dalam pewarna rambut warna gelap adalah timbal asetat yang sangat beracun, sehingga berbahaya bagi kesehatan tubuh dan memicu masalah kesehatan serius.

Efek pada mata dan kulit kepala
Beberapa produk kimia pewarnaan rambut dapat menyebabkan iritasi dan kemerahan di mata. Juga, mereka Dapat menyebabkan gatal-gatal, luka, dan sensasi terbakar pada kulit kepala Anda.

Gangguan hormonal
Beberapa pewarna rambut memiliki alkylphenol etoksilat (APE), yang ditemukan di spermisida dan pestisida. Kandungan tersebut dapat menyebabkan gangguan hormonal dalam tubuh Anda.

4. Penyakit Limfoma Non-Hodgkin
Sebuah studi dari Universitas Yale menemukan seseorang yang gemar memakai produk pewarnaan rambut berisiko besar mengembangkan mengembangkan limfoma non-hodgkin. Ini adalah kanker yang menyerang sistem limfatik yang merupakan bagian dari sistem kekebalan tubuh Anda.

Mmm... tapi memang bingung juga sih, kalau pengin ganti warna rambut gimana dong ya? Kalau gitu, jangan sering-sering deh, sesekali aja, hehehe... lagian kalau terlalu sering, rambut kamu bisa rusak juga lho.

Sumber:
- http://health.detik.com/read/2011/07/21/175156/1686424/766/dampak-negatif-mewarnai-rambut-bagi-kesehatan
- http://www.merdeka.com/gaya/8-masalah-kesehatan-akibat-mewarnai-rambut.html
- http://www.gadis.co.id/gaul/ngobrol/cat.rambut.bahaya/001/007/71

Baca Juga Artikel ini:
- Maraknya Impotensi pada Anak Muda
- Kisah Nyata Pasien Jantung yang Hampir Tewas
- Permen Coklat bisa Sembuhkan Pikun
- Indonesia Darurat Penyakit EBOLA
- Kisah Sedih Pasien Penyakit Kanker Larynx
- Minum Air Es Bikin Langsing
- Mengatasi Perilaku Aneh pada Anak dan Misteri Waktu Senja
- Kisah Nyata Sembuhnya Penderita Penyakit Diabetes dengan Biji Alpukat
- Gayatri Wailisa Diduga Alami Pecahnya Pembuluh Darah Otak
 
 ==================================
(Ads). 
Gratis Ongkir Bayar di Rumah COD
Kasur Panas Sauna 1,4juta
Slimming Belt 495ribu
Timbangan Lemak Perut 1,6juta
Alat Treadmill Elektrik 5,9juta
call sms WA 087780633777 BBM 7649FA23
===================================






Tidak ada komentar:

Posting Komentar